Perbedaan etika dan moral

Baiklah akan saya bagikan tentang perbedaan antara etika dengan moral yaitu brikut ini: Perbedaannya ---->> Didalam aplikasinya etika bersifat teoritis filosofis, sebagai acuan untuk mengkaji system nilai , sedangkan moral bersifat praktis sebagai tolak ukur untuk menilai perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Lebih lanjut berikut pengertian etika dan moral menurut para ahli yang saya kutip dari web GuruPendidikan.com:

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

  1. Menurut Chaplin (2006), Moral yang sesuai dengan aturan yang mengatur hukum sosial atau adat atau perilaku.
  2. Menurut Hurlock (1990), Moral adalah sopan santun, kebiasaan, adat istiadat dan aturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.
  3. Menurut Wantah (2005), Moral adalah sesuatu yang harus dilakukan atau tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menentukan siapa yang benar dan perilaku yang baik dan buruk.
    Menurut W. J. S. Poerdarminta, Menyatakan bahwa ajaran moral dari perbuatan baik dan buruk dan perilaku.
  4. Menurut Dewey, Mengatakan bahwa masalah moral yang berkaitan dengan nilai-nilai moral.
  5. Menurut Baron dkk, Mengatakan bahwa moral yang terkait dengan pelarangan dan mendiskusikan tindakan yang benar atau salah.
  6. Menurut Magnis-Susino, Mengatakan bahwa moral selalu mengacu pada baik orang miskin sebagai manusia, sehingga aspek moral kehidupan manusia dalam hal kebaikan sebagai manusia.
  7. Menurut Zainuddin Saifullah nainggolan, Moral adalah tradisi spiritual untuk melakukan serangkaian standar yang mengatur perilaku orang dan masyarakat.
  8. Menurut Gunarsa, Moral adalah seperangkat nilai-nilai berbagai perilaku yang harus dipatuhi.
  9. Menurut Sonny Keraf, Moral adalah patokan yang digunakan oleh masyarakat sebagai penentu tindakan yang baik dan buruk atau masyarakat manusia sebagai manusia.
  10. Menurut Imam Sukardi, Moral adalah kebaikan bahwa seorang pria dengan langkah-langkah yang diadopsi oleh aksi bersama.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Moral Menurut Para Ahli Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com
Persamaan Etika dan Moral

Sumber belajar :  Muka sai’d (1986 hal 23-24). Etika Masyarakat Indonesia . Jakarta ; Pradnya Paramita
Dr.Marzuki.M.AG (2009). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Press- FISE UNY




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan etika dan moral "

Post a Comment

|Dukung kami dengan memberikan komentar yang membangun|