Nusa Penida : Potensi Parwisata Tidak Dikelola


Nusa Penida Island

-          POTENSI PARIWISATA TAK TER-URUS,
Nusa Penida punya potensi pariwisata bahari yang sangat besar, selain karena keindahan pantainya, juga keindahan bawah lautnya, dengan terumbu karang yang masih alami dan terawat, selain itu kehadiran ikan mola-mola di nusa penida menjadi semacam ikon yang sudah banyak dikenal WNA.  
Namun apa yang dilakukan PEMDA ? Diam saja ?  Tidak dikembangkan? Program apa yang digulirkan untuk potensi ini ? tanda tanya yang tidak akan terjawab.  , sampai-sampai potensi ini berkembang dengan sendirinya tanpa sentuhan pemerintah. ANEH yw ?, Pantai Crystal Bay contohnya(Masih banyak Bay lainnya , lihat di peta di atas), tidak di urus, di biarin begitu saja, yang memanfaatkan potensi itu malah orang luar Nusa Penida. Masyarakat  jadi bingung mau berbuat apa, Dimana otonomi daerah itu ? Kenapa pemerintah daerah tidak menata dan mengelola ini untuk kesejahteraan masyarakat nusa penida. Mengapa ?  Crystal Bay ini sudah di kenal di manca Negara, banyak agen-agen pariwisata dari luar menawarkan tempat ini sebagai bagian dari perjalanan wisatanya. Mungkin hanya satu/dua org nusa penida, selebihnya orang luar.  Masyarakat Nusa Penida tidak diberdayakan, di biarkan menjadi penonton saja :(
Berikut Keindahan Nusa Penida : 
Indahnya Pulau Nusa Penida


@Crystal Bay Nusa Penida

WISATAWAN MENIKMATI INDAHNYA NUSA PENIDA

WISATAWAN SEDANG JEMURAN DI PANTAI NUSA PENIDA

Nusa Penida



Diving @nusa penida

Ikan mola-mola jadi ikon Nusa Penida


Snorkling@Nusa Penida Beach

INDAH KAN ,, !! Bagaimana pendapat kalian ?? ,(Tulis pada kolom komentar di bawah)
Bayangkan kalau kuta punya potensi seperti ini, sudah jadi seperti apa kira-kira tempat ini ? 
Semoga kedepan generasi muda nusa penida bisa membangun daerahnya, tanpa harus menunggu Pemda yg sedang tidur .......

POTENSI>>>
-          POTENSI RUMPUT LAUT TAK TER-URUS
  SELAMA INI PROGRAM APA YANG TELAH DIGULIRKAN OLEH PEMDA UNTUK PETANI RUMPUT LAUT ?? ADA GAK ?? TIDAK ADA ? PERNAH ADA PENYULUHAN ??? 
Petani rumput laut seolah dibiarkan begitu saja, petani di cekik oleh para pengepul, petani butuh modal, petani rumput laut butuh fasilitas, petani rumput laut butuh penyuluhan.
Produksi rumput laut di Nusa Penida mencapai nilai yang sangat fantastis jika di kelola dengan baik akan dapat menjadi ikon yang besar untuk nusa penida, sebab selain rumput laut ini dilihat dari segi ekonomisnya, budidaya rumput laut ini bisa menjadi WISATA PENDIDIKAN.
Banyak penelitian telah dilakukan oleh beberapa universitas di bali terkait potensi rumput laut nusa penida, bahkan nusa penida mempunyai jenis rumput laut yang langka di dunia.
Petani Rumput Laut Nusa Penifda
SEMOGA PABRIK RUMPUT LAUT DARI PEMPROV BISA TEREALISASI ,,,ASTUNKARE....:)
Selain dua contoh potensi tersebut masih ada beberapa potensi lainnya yang TIDAK DI URUS  dengan optimal seperti wisata relegi, peternakan sapi nusa yang sudah terkenal, dan wisata energy PLTB.

Entah sampai kapan potensi-potensi ini akan terpendam, entah sampai kapan kita hanya menunggu pemda yang seolah menutup mata untuk ini. (mestinya potensi ini di perdayakan)

Tulisan ini hanya setetes kecil curahan kekecewaan yang penulis amati di masyarakat  Nusa Penida , kami jenuh, kami bosan, kami ingin berubah,...

KINI SAATNYA GEN.MUDA NUSA YG ACTION !! 
Semoga Tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi penyadar bagi pemerintah daerah dan masyarakat........
Sumber Gambar : NusaPenidaTravelling.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Nusa Penida : Potensi Parwisata Tidak Dikelola"

  1. Indah sekali niii..........Nusa penida itu sebelah mananya bali yw ? minta infonya doung....

    ReplyDelete
  2. ....very Wonderfull, IT's Nice.....
    How can I get There , Please ?

    ReplyDelete
  3. Aku prnah kesini.... indah bgt deh pkoknya.......i like this.... pngen lagiii dh ksinii,,hehee....

    ReplyDelete
  4. Potensi sgt besar........indah bgttt .........tapi kenapa pemda klungkung tidak memperdayakan potensi ini yw.....aneh...
    bwt penulis ttp optimis , semoga nusa penida jadi tujuan wisata berikutnya setelah kuta...... ayee ...

    ReplyDelete

|Dukung kami dengan memberikan komentar yang membangun|