Masalah Sosial dan Ekonomi :Nusa Penida, Klungkung

MASALAH >>>>
Mari kita mengulas sedikit tentang beberapa masalah yang masih menghimpit pulau nusa penida saat ini,,,hingga membuat pulau nusa penida ini seolah dibiarkan atau lebih tepatnya di anak tirikan (Potensi SDA Di urus setengah hati) akibatnya ekonomi masyarakat lemah..
- Ini dia Masalah pertama yang dari tahun ke tahun tidak kunjung terselesaikan yaitu ketersediaan Infrastruktur. Pembangunan infrastruktur sebenarnya sangat dperlukan masyarakat untuk menunjang perkembangan ekonomi masyarakat Di Nusa Penida, kondisi jalan banyak yang sangat rusak  parah, berlobang dan terjal, tidak pernah di rehab lagi, selain jalan Air juga masih menjadi masalah pelik di masyarakat namun pemerintah seolah tidak ada upaya melakukan sesuatu guna mengatasi krisis air yang sering terjadi di Nusa Penida terutama musim kemarau. Selain jalan dan air, ternyata sampai saat ini ada daerah yang belum teraliri tenaga listrik. Bayangkan , listrik yang notabene merupakan kebutuhan sehari-hari tidak di miliki masyarakat. (Ada ketidak merataan pembangunan Coba bandingkan nusa penida dengan klungkung daratan ). 
Ketiga hal pokok itu harusnya bisa terpenuhi jika pemerintah daerah memperdayakan mayarakat dengan baik, apakah mungkin masyarakat bisa sejahtera jika hal-hal pokok tersebut tidak ada ? Mana janji-janji kompanye , yang akan menjadikan masyarakat sejahtera. mana ? 

Masalah lain yang tak kalah bahayanya, yang menjadi bumerang bagi masyarakat (Tanpa disadari) yaitu : 
-           ISU PRAKTIK TOMBOKAN DALAM SETIAP PENGANGKATAN PNS
Sudah tidak asing lagi di telinga mendengar istilah TOMBOK-menombok dalam pengangkatan PNS. Nilai tombokan terbilang banyak antara 40 juta- 80 juta –hingga 250 juta.  Tergantung jenis pekerjaannya,
Bayangkan betapa bodohnya kita hingga mau di perdaya oleh kerakusan penguasa dan oknumnya. Entah untuk apa, kemana uang tersebut dan di bagikan kepada siapa.
Hampir setiap pengangkatan yang ada pasti selalu ada jalur tikus(Tombokan) ini.
Banyak masyarakat nusa penida yang terjermus kedalam lobang ini, bagi mereka mungkin ini sesuatu hal yang baik, tapi sebenarnya apa yang dilakukan telah melanggar kaidah yang ada.
BENAR ATAU TIDAK ISU INI ?? Tidak ada asap kalau tidak ada api. Yang jelas hal ini terang-terangan , bukan rahasia umum lagi bagi masyarakat Nusa Penida, Anehnya dianggap hal yang sudah biasa/lumrah.
Money Politik


MASALAH >>>>
Ini dia masalah berikutnya,  yang menjadi faktor terhambatnya perkembangan ekonomi masyarakat nusa penida . 
-          APA KABARNYA ? PEMBANGUNAN DERMAGA SANDINGAN DI GUNAKSE
Sudah habis kesabaran kita menanti dermaga sandingan ini,. Berdasarkan atas Papan Rencana pembangunan dermaga sandingan di gunakse , akan selesai 2012.
NAMUN SEKARANG SUDAH TAHUN BERAPA ?
Pendanaan untuk proyek ini bersumber dari PEMDA, PEMPROV, dan PEM.PUSAT.
(Darmaga di laut sudah menelan dana sekitar Rp 70 miliar dana APBN dari target Rp 87 miliar.
Sementara dari Provinsi sudah habis sekitar Rp 24 miliar dan dari Pemkab Klungkung sekitar Rp 13 miliar. Parahnya lagi menurutnya pekerjaan Beberapa beton berserakan karena diterjang gelombangSumber : Metrobali.com, tanggal 31 oktober 2012)
Jika Dermaga itu bisa segera diselesaikan, Nusa Penida pasti akan lebih berkembang. Namun, sekian tahun Dermaga itu dikerjakan, proyek yang sudah menelan dana miliar rupiah itu, belum juga kelar. Dermaga sandingan Gunaksa dinilai telah menghambat perkembangan ekonomi di Nusa Penida, Dermaga ini merupakan bagian dari nafas untuk akses perekonomian masyarakat. 
Coba Bayangkan seandainya , uang sebanyak miliaran itu di gunakan untuk membangun ekonomi masyarakat, pasti akan lebih berarti ketimbang pembangunan yang mangkrak itu. 

KIRA-KIRA KEMANA UANG SEBANYAK ITU ??  BENARKAH DANA ITU SUDAH DI ALOKASIKAN SESUAI RENCANA ANGGARAN BELANJA PROYEK ?? KALAU SUDAH SESUAI RENCANA SEHARUSNYA DERMAGA SANDINGAN  SUDAH BEROPRASI, TAPI mimpiiiii….
Dermaga Sandingan Gunakse MANGKRAK....!!
MELALUI MOMENTUM PILKADA Klungkung YANG AKAN DATANG TGL 23 AGUSTUS 2013... , JANGAN MENGULANGI KESALAHAN YANG LALU....!!!

PILIH MANUSIA YANG BENAR-BENAR BERANI LAYAH UNTUK NGAYAH......!!

TAK PEDULI SIAPA, DAN APA LATAR' NYA...... 


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Masalah Sosial dan Ekonomi :Nusa Penida, Klungkung"

  1. Masalahnya ckup byk tuuh........kalox calon sekarang yg jeli pasti menawarkan pemecahan masalahnya.........

    ReplyDelete
  2. Wow.....fantastis bgt itu.....ampe miliaran itu habis........kasian masyarakat nusa penida yg kondisi ekonominya tetap lemah.....

    ReplyDelete
  3. Semoga masyarakat cerdas memilih pemimpinnya, sehingga keadaan ekonomi nusa bisa lebih baik.....
    astunkare...

    ReplyDelete
  4. Secerdas apapun masyarakat klungkung dalam menentukan pemimpinnya, jika benak pemimpin yang terpilih masih diistakan Khala Rau yang Bhuta 7 mata, nusa penida akan tetap tak bergeming oleh kemajuan dunia, dan pembangunan di klungkung akan semakin kropos dimakan rayap yang berdasi. Sungguh kejam nian kau........! Thank

    ReplyDelete

|Dukung kami dengan memberikan komentar yang membangun|