PNPM berakhir lahir P2KP : Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Selamat malam PNPM
Selamat Pagi P2KP :-)

Sekedar sharing kususnya buat pemuda harapan bangsa, biar bisa peka terhadap perkembangan program nasional, ikut dalam perancangan pelaksanaan program pembangunan di wilayahnya yang sedang digalakkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Mungkin pembaca ada yang belum tahu nih apa itu PNPM ?
Apa itu P2KP ?

PNPM kepanjangannya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat , yang menjadi poin penting dalam kegiatan PNPM ini adalah Penanggulangan Kemiskinan.

Sememtara P2KP kepanjangannya Program Peningkatan Kualitas Pemukiman.

Apa bedanya dengan PNPM ?
Pada dasarnya tujuannya sama, tapi kalau P2KP ini lebih menitikberatkan pada penanganan kawasan pemukiman sehingga diharapkan tersedianya air bersih, pengelolaan sampah, prasarana umum, rumah layak huni dan kawasan hijau. Kurang lebih seperti itu, gimana paham ?

Berdasarkan dengan surat dari Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan (Dirjen Cipta Karya) PNPM Mandiri Perkotaan masa tugasnya telah berakhir tanggal 30 April 2015 . Sehingga digantikan dengan P2KP agar ada keberlanjutan dengan kegiatam PNPM sebelumnya. 

"Jadi P2KP berbeda dengan PNPM reguler sebelumnya, dimana lebih dititikberatkan penanganan warga miskin tapi kalau di program lanjutan P2KP nanti lebih menangani pada program wilayah kumuh,” kata Edy selaku kordinator kabupaten PNPM Mandiri Perkotaan. (Sumber K.)

Seperti sebelumnya dalam PNPM, didalam P2KP ada juga BKM nya , dan KSM nya . 

Adakah pembaca belum tahu BKM ? 
BKM itu Badan Keswadayaan Masyarakat
Sementara KSM itu Kelompok Swadaya Masyarakat. 

Perannya mereka BKM ? 

BKM sebagai penanggungjawab segala kegiatan pembangunan di wilayahnya dan kordinasi pada P2KP kota / Kabupaten. 
Sementara KSM merupakan pelaksana kegiatan di lapangan yang bertanggungjawab dan berkordinasi dengan BKM. 

Peran masyarakat ?
Masyarakat dalam hal ini menjadi pendukung kegiatan pembangunan, kususnya pemuda bisa ambil bagian bekerjasama dengan BKM dan KSM untuk ikut merancang Rencana Kegiatan Pembangunan dan Ikut mengawasi Pelaksanaan di Lapangan sehingga tepat sasaran. 

Pemuda tentu harus ikut berperan, karena pemuda pasti memiliki ide dan pandangan serta kreatifitas , sehingga pembangunan yang dilaksanakan benar-benar bermanfaat dan berkelanjutan. 

Ayo pemuda pemuda bangsa, jangan hanya berpangku tangan mari ikut berperan. Karena jika tidak, malu sama sejarah perjuangan pemuda kita dulu. 


Semoga bermanfaat :-) Sumber ; 
Kompasiana
PNPM
Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
P2KP
PSP3 Kemenpora RI
Pendamping Desa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PNPM berakhir lahir P2KP : Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat"

Post a Comment

|Dukung kami dengan memberikan komentar yang membangun|