Anjing tidak boleh dimakan ?? Trus kambing gimana ? trus Sapi ? Menurut Ahok ?

70 tahun kita sudah merdeka , kita sudah mengakui dan menyadari bersama kita bersatu dalam keberagaman budaya , suku , ras dan agama, tapi kenapa masalah makan daging anjing dipermasalahkan ? Kenapa ya ?  Emang anjing sudah termasuk hewan langka ya ?  Yang ada anjing rabies , atau jangan-jangan anda membawa kehendak keyakinan kaum anda untuk orang banyak?

JAWAB JUJUR

setelah mendengar daging anjing apa yang anda pikirkan  ?
1. Haram?
2. Enak?
3. Boleh dimakan ?

setelah mendengar daging Babi apa yang anda pikirkan  ?
1. Haram?
2. Enak?
3. Boleh dimakan ?

Trus kalo denger Daging Sapi , apa yang anda pikirkan?
1. Haram?
2. Enak?
3. Boleh dimakan ?

Trus kalo denger daging kambing apa yang anda pikirkan ?
1. Haram?
2. Enak?
3. Boleh dimakan ?

Kalau anda menjawab pilihan 1 , itu artinya anda membawa dan memaksakan kehendak terhadap orang lain. Kenapa ? Karena pilihan 1 , merupakan sebuah kepercayaan dari keyakinan anda. Sementara apakah anda akan merasa tersinggung kalau keyakinan lain mengatakan daging sapi haram? Pernahkah keyakinan lain bilang daging sapi haram secara nasional? Tidak pernah karena keyakinan lain masih menghargai umat lainnya. Intinya saling menghargai antar umat. Pertahankan keyakinan, tapi jangan sampai memaksakan kehendak ke orang banyak umat lainnya. Kita " Bhineka " . Jadi dunia ini bukan milik anda saja, hargai dong umat lainnya.


Kalau anda menjawab pilihan ke 2 yaitu enak, itu artinya anda menggangap bahwa daging anjing itu makanan, ini masuk akal , kenapa ?  karena pada kenyataannya beberaPa orang mengkonsumsi daging anjing, mereka yang pelihara, mereka yang membuat nilai ekonomis daging anjing. Daging sapi juga enak kan ? Kalau anda bilang daging sapi enak, apakah keyakinan umat lain yang tidak mengkonsumsi daging sapi akan mengharamkan daging sapi ? Tentu tidak karena umat lain menghargai anda.

Kalau anda menjawab pilihan ke 3 yaitu boleh dimakan itu berarti anda menghargai sumber daya alam , karena kalau boleh dimakan anda akan memelihara, mengembangbiakkan, trus menyembelihnya untuk diolah menjadi makanan yang enak.

Yang sebenarnya perlu kita pikirkan bersama bukan masalah boleh makan atau tidaknya, tapi bagaimana menjaga kesehatan anjing itu.

Lain ceritanya kalau anjing sudah langka, baru perlu kita lindungi sebagai hewan langka, perlu dijaga biar tetap ada. Begitu juga sapi, ayam, kambing, babi  bahkan sampai semut.

Sekarang lagi hebohnya berita pertentangan kebijakan AHOK, yang ingin melegalkan daging anjing. Yang mepermasalahkan ini berarti alasannya apa ? Kira-kira gak akan ada alasan kalau kita belajar dewasa saling menghargai antar umat.

Bener kata bapak pendiri bangsa kita Ir. Soekarno,,, "perlu mendewasakan diri dalam  beragama "
Hal ini diungkapkan soekarno saat perancangan dasar negara Pancasila , saat perdebatan antara kaum nasionalis dengan komunis/agamais.

Berikan pilihan jawaban anda pada kotak komentar dibawah ini ....
Jadilah Dewasa , Semoga bermanfaat :-)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Anjing tidak boleh dimakan ?? Trus kambing gimana ? trus Sapi ? Menurut Ahok ?"

  1. Bener juga gan ... thanks artikelnya .. walau sedikit nyesek, tapi itu realita :-)

    ReplyDelete

|Dukung kami dengan memberikan komentar yang membangun|