Tips Menghemat listrik dari Kementerian ESDM

Tips Menghemat listrik dari Kementerian ESDM, Baiklah pemirsa blog sosbupolhuk.blogspot,com, kali ini akan saya bagikan untuk pemirsa sekalian tentang tips menghemat listrik. tips ini dari kementerian ESDM agar kita bisa menghemat listrik dengan benar dan tidak boros.

Tips Menghemat listrik dari Kementerian ESDM

Mulai tahun 2016 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginisisasi​ ​gerakan hemat energi “Potong 10%”. Gerakan ini merupakan aksi bersama melibatkan Pemerintah,​ ​pelaku bisnis/industri, organisasi masyarakat sipil dan individu untuk me​ ​lakukan penghematan energi sebesar 10%.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sekitar 5,1%, dengan pertumbuhan konsumsi listrik yang​ ​terus meningkat rata-rata 7% per tahun. Total konsumsi listrik tahun 2016 mencapai 216 Terra Watt​ ​Hour (TWh), dimana konsumsi sektor rumah tangga sekitar 94 TWh.​ ​Nah,​ ​ternyata ​​dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik di rumah anda selama satu jam per hari​ - misalnya - ​ akan​ ​menghemat konsumsi listrik setara 600 Watt. ​Itu setara dengan​ ​pemberian akses listrik kepada satu rumah tangga di daerah terpencil​, lho!. Berikut dilampirkan infografis siap sebar yang bisa dibagikan Teman-teman

Tips Menghemat listrik dari Kementerian ESDM


Pesatnya pertumbuhan masyarakat Indonesia tentunya akan menambah besar persiapan stok linstriknyang akan membutuhkan SDM yang lebih besar lagi, Nah untuk membantu pemerintahan ikut serta dalam menghadapi tantangan ini maka marilah kita menghemat dalam penggunaan listrik di rumah, kantor masing-masing. ingat kita bisa seenaknya saja memanfaatkan listrik namun di luar sana menurut data dari kementerian Energi Sumber daya Manusia (ESDM) sekitar 2500 desa masih gelap gulita yang butuh dengan adanya cahaya listrik, Sudahkah Anda menggunakan listrik secukupnya? Jadi marilah kita pandai-pandai menghemat arus listrik. dan berikut adalah langkah-labgkahnya:

Tips Menghemat listrik dari Kementerian ESDM


8 Cara menghemat listrik


  1. me​m​atikan lampu saat keluar ruangan,
  2. mematikan televisi saat tidak digunakan,
  3. ​m​encetak kertas secara bolak-balik,
  4. mematikan perangkat elektronik saat tidak digunakan,
  5. menutup kulkas dengan rapat,
  6. mematikan pendingin ruangan saat ruangan tidak digunakan,
  7. mengatur pendingin ruangan pada suhu 24 derajat,
  8. m​e​nggunakan lampu hemat listrik/LED


​Demikianlah tadi tentang tips untuk menghemat energi listrik sebagai himbauan dari Kementerian Esdm untuk kita semua, Selaku warga negara yang baik mati kita ikuti himbauan yang sifatnya sudah nyata posistif ini demi kemajuan Indonesia. Apa susahnya sih potong 10%?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghemat listrik dari Kementerian ESDM"

Post a Comment

|Dukung kami dengan memberikan komentar yang membangun|